Sepuluh Cara Aman Menggunakan Microwave Oven

Markup Validation Service
Microwave merupakan produk elektronik terpenting yang layak dimiliki setiap keluarga di dapurnya. Cara kerjanya yang tidak membutuhkan waktu lama (jika dibandingkan dengan memasak tradisional), serta jaminan kebersihan dilingkungan dapur membuatnya layak menjadi primadona terutama bagi Anda yang suka memasak.
Namun jangan keasikan memakai produk yang satu ini. Dibutuhkan “sedikit” pengetahuan mengenai pemakaian dan penggunaannya. Cara tersebut penting mengingat pengetahuan yang sedikit itu akan bermanfaat bagi kemanan dan keselamatan Anda ketika memasak.

Berikut 10 cara aman menggunakan microwave agar Anda nyaman dan senantiasa aman menggunakan produk microwave.

1.Gunakan wadah yang aman
Pastikan wadah yang Anda gunakan untuk memuat makanan yang akan Anda masukan ke microwave adalah wadah yang aman. Artinya wadah tersebut memang dibuat khusus untuk microwave, yang pasti tahan panas. Jangan pernah memakai wadah yang terbuat dari logam, ( mangkok atau piring dari logam) karena akan berakibat fatal, yakni bisa memunculkan percikan api. Pastikan pula  Anda tidak menggunakanwadah yang terbuat dari plastik yang tidak tahan panas karena hasilnya pasti meleleh.

2.Pastikan penutup makanan memiliki lubang
Jika Anda menutup makanan saat memasak menggunakan microwave, pastikan Anda membubuhkan lubang di penutupnya sebagai ventilasi. Jika tidak, Anda dapat mencelakai diri sendiri yakni akan ada letupan panas, terutama ketika hendak membuka tutup setela masakan matang.


3.Aduk makanan saat dimasak
Aduklah makanan yang Anda makan selama di masak dengan microwave. Waktu yang tepat adalah saat setengah dari waktu memasak yang disarankan (tergantung jenis makanan dan resep yang digunakan). Hal ini akan menghilangkan kemungkinan munculnya area beku dimana makanan tidak termasak sempurna. Area beku tersebut merupakan tempat yang tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan Anda sakit.

4.Biarkan makanan sejenak
Setelah microwave selesai dimasak, hal yang penting yang bisa Anda lakukan adalah membiarkannya sejenak untuk beberapa menit (sesuai resep dan instruksi memasak),setelah proses memasak terhenti dan berbunyi 'bep' . Sebab suhu panas masih menempel dan mengelilingi makanan meskipun kerja microwave selesai. Jika tidak hati-hati, bisa-bisa tangan Anda melepuh dibuatnya. 

5.Hati-hati ketika memindahkan makanan dari microwave.
Kadangkala, ketika makanan selesai dimasan, wadah yang dipakai buat memasak terasa dingin. Namun jangan salah, makanan yang berada di dalamnya  masihlah panas. Gunakanlah sarung tangan oven untuk memindahkan makanan dari microwave, dan hati-hatilah untuk tidak langsung memakannya, karena masih panas!

6.Jangan meninggalkan microwave saat memasak pop corn
Pop corn adalah makanan yang paling mudah dimasak dengan microwave. Namun memasak makanan ini juga membutuhkan waktu yang cepat. Jadi jangan coba-coba meninggalkan microwave saat memasak pop corn kalau tidak ingin makanan yang berasal dari jagung ini gosong.

7.Jangan operasikan microwave saat kosong
Jangan pernah memencet tombol start saat microwave dalam keadaan kosong. Gelombang micronya akan  melambung dan menabrak dinding interior microwave. Kondisi ini dapat menyebabkan kebakaran.

8.Bersihkan microwave secara teratur
Membersihkan microwave Anda secara teratur akan mencegah tumbuhnya bakteri didalamnya. Selain itu dapat pula menghilangkan kemungkinan terjadinya percikan api. Pastikan Anda men-switch off tombol operasi ketika sedang membersihkannya.

9.Jangan pakai lagi microwave Anda jika pintunya rusak!
Jika pintu microwave Anda rusak atau tidak dapat ditutup sempurna, lebih baik jangan gunakan lagi. Sebab microwave seharusnya tertutup rapat dan terkunci saat proses memasak. Satu-satunya solusi: lekas beli microwave baru!

10. Jangan coba memperbaiki sendiri
Jika microwave Anda rusak, jangan coba-coba memperbaiki sendiri. Cek garansi yang Anda peroleh ketika membelinya. Pastikan microwave Anda diperiksa oleh profesional.

Demikian 10 point menggunakan microwave secara aman. Dengan begitu selain aman, produk microwave yang Anda miliki juga awet.

Semoga membantu dan selamat memasak!

3 komentar:

carpet mengatakan...

nice posting

Unknown mengatakan...

bgmn cara timbulnya percikan api ketika mggnkn wadah logam ?

Ketikanku mengatakan...

Kalau Cara Membersihkan Microwave yang aman bagaimana ya?

Posting Komentar