Solusi CRT Pin G2 Short Dengan G1

Berikut ini solusi CRT pin G2 short dengan G1 yang perlu anda coba sebelum mengganti CRT dengan yang baru. Ketika mendapati TV dengan kerusakan suara normal tapi gambar tidak muncul sama sekali, pasti anda akan mempunyai bayangan yang beragam sesuai dengan pengalaman masing-masing. Namun dalam bahasan kali ini penyebabnya adalah short-nya tegangan G2 atau Screen dengan G1 atau ground. Ini bisa di cek dengan tidak adanya sama sekali tegangan pada pin G2 terhadap ground.

Berapakah normalnya tegangan G2 ini? Tentu jawabanya juga beragam tergantung dari spesifikasi CRT yang di gunakan, namun rata-rata antara 180 V ~ 300 V.

Untuk memastikan bahwa hilangnya tegangan G2 karena CRT-nya sendiri dan bukan dari spare part yang lain adalah :
  • Open pin G2 dari CRT soket dan pastikan tegangan G2 yang berasal dari FBT normal.
  • Biasanya dijalur G2 terdapat capasitor yang menuju ground dengan nilai sekitar 472 / 3 KV, atau yang pasti diatas 1 KV. Pastikan kapasitor ini tidak short.
Ketika sudah dipastikan bahwa hilangnya tegangan G2 karena CRT-nya sendiri, berikut ini adalah beberapa solusinya dari yang paling mudah dan murah :

  1. Lepaskan PCB CRT soket dari CRT-nya, sambil ditahan dengan tangan agar tidak bersentuhan dengan spare part atau material elektronik / penghantar lainya, nyalakan TV kemudian pelan-pelan pasang kembali PCB CRT soket terhadap CRT-nya. Kalau short-nya G2 tidak terlalu parah, langkah ini sudah cukup untuk menyelesaikan masalah.
  2. Ambil seutas kabel yang di kedua ujungnya sudah kita solder dengan 2 jepit buaya, ujung yang satu jepitkan ke ground CRT, yaitu pada spiral yang melingkar di sekeliling CRT, kemudian ujung yang satunya lagi jepitkan ke ujung obeng plus, kemudian tarik / lepaskan PCB CRT soket dari CRT-nya sehingga hanya terlihat pin pin CRT (pastikan PCB CRT soket tidak bersentuhan dengan spare part atau material elektronik / penghantar lainya), dekatkan ujung obeng plus tersebut ke pin G2 kira-kira 0,5cm lalu nyalakan TV beberapa saat, sepintas akan ada loncatan bunga api antara ujung obeng dengan pin G2. Lalu matikan TV dan pasang kembali PCB CRT coket ke CRT-nya dan nyalakanTV. Langkah ini dilakukan jika pada langkah yang pertama masih belum berhasil.
  3. Lepaskan PCB CRT soket dari CRT-nya, lepaskan kabel G2 / Screen dari PCB CRT soket kemudian dekatkan ujung kabel ini ke pin G2 CRT kira-kira 0,5 cm, nyalakan TV beberapa saat, sepintas akan ada loncatan bunga api antara ujung kabel dengan pin G2. Lalu matikan TV dan pasang kembali PCB CRT soket ke CRT-nya dan kabel G2 ke tempatnya semula.
  4. Untuk tingkat short yang parah kita bisa melakukan seperti langkah nomer 3, tapi menggunakan tegangan focus. Tapi ingat sebelum melakukan langkah ini pastikan bahwa ini adalah langkah terakhir yang bisa dilakukan sebelum mengganti CRT dengan yang baru. Artinya langkah ini jauh lebih murah dibanding dengan penggantian CRT walaupun dengan tingkat keberhasilan yang rendah.
Apakah anda mempunyai solusi lain?

4 komentar:

antho Bms mengatakan...

sudah aku uji coba kke duanya tapi blum ada yg berhasil gan. apa msih ada solusi lain

Anonim mengatakan...

Mantap solusinya...saya coba langkah no 3 cling...

sakim saputra mengatakan...

Kalau konslet antara G1 & G .itu gmn gan .makasih di tunggu bls

syaiful bachri mengatakan...

Ada timbul locatan bunga api. Cepret cepret ya

Posting Komentar