Sifat-Sifat Gelombang Mikro

Frekuensi gelombang mikro yang digunakan pada Microwave Oven adalah 2.450 Mhz yang termasuk dalam jalur UHF yang digunakan oleh frekuensi radio dan Televisi.

Spektrum gelombang elektromagnet :
Markup Validation Service

Didalam spektrum gelombang elektromagnetik, gelombang mikro mempunyai sifat yang sama dengan gelombang infra red atau gelombang cahaya.

Sifat-sifat gelombang mikro dalam kaitanya dengan Microwave Oven adalah :

1. Refleksi (Pemantulan)
Gelombang mikro lebih banyak dipantulkan bila mengenai permukaan logam atau yang berwarna cerah. Bila digunakan wadah memasak yang terbuat dari logam / metal, makanan tidak akan / lama matang karena gelombang mikro dipantulkan dan juga dapat menimbulkan bunga api (spark).



2. Transmisi
gelombang mikro dapat melalui atau melewati benda / material yang mempunyai sifat dielektrik (perlawanan arus listrik) yang kecil seperti gelas, plastik, kertas, keramik porselin; sehingga benda ini tidak dipengaruhi oleh gelombng mikro


3. Absorbsi (Penyerapan)
Gelombang mikro diserap oleh benda / material yang mempunyai sifat dielektrik yang besar seperti makanan dan benda yang mempunyai permukaan  berwarna gelap. Gelombang mikro yang diserap oleh makanan akan menghasilkan panas didalam makanan sehingga makanan dimasak / matang.

2 komentar:

Posting Komentar