Peralatan pengaman pada Microwave Oven

Bila gelombang electromagnet frekuensi tinggi (1 ~ 10 Mhz) terserap oleh tubuh manusia dalam jumlah yang cukup dapat mempengaruhi system pembuluh darah yang menyebabkan katarak dan mandul. Karena itu di microwave oven terpasang peralatan pengaman sehingga gelombang mikro tidak dihasilkan bila pintu dibuka dan desain dari microwave oven yang dapat mem-block (menahan) gelombang mikro supaya tidak bocor keluar.

Peralatan pengaman pada Microwave Oven :

1.System saklar pengaman (safety switch atau interlock switch)
•Fungsinya untuk memutuskan sumber daya magnetron bila pintu dibuka untuk menghentikan magnetron menghasilkan gelombang mikro.

Terdiri atas 3 saklar (switch) yaitu :
a. Main (Primary) Switch, atau disebut juga primary latch switch atau primary interlock switch.
b. Secondary Switch, atau disebut juga door sensing switch.

Bila salah satu dari kedua saklar ini tidak berfungsi secara normal, microwave oven tidak akan bekerja sama sekali.


c. Monitor Switch (saklar pe-monitor) yang berfungsi untuk memutuskan sumber daya secara otomatis bila kedua saklar pengaman (safety switch) tidak bekerja secara normal.

2.Penahan kebocoran gelombang mikro
•Disebelah dalam pintu didesain khusus dengan memberikan lapisan bahan karet ferrite penyerap gelombang mikro untuk mencegah kebocoran gelombang mikro melalui sela-sela pintu dengan cavity pada saat pintu tertutup.

3.Peralatan Pencegah Api.
•Dengan peralatan sensor temperatur, secara otomatis sumber daya diputuskan bila terjadi kenaikan temperatur yang terlalu tinggi pada saat memasak untuk mencegah timbulnya api.

0 komentar:

Poskan Komentar